Pages

Subscribe:

Wisbux-PTC

 

menu

Kamis, 29 Desember 2011

Radiokita

Blog ini menggunakan gadget Radiokita yang beralamatkan di http://radiokita-fm.co.cc jadi kalau radiokita sedang OnAir maka di blog ini juga bisa mendengarkan siaran tersebut, radio ini hasil kerjasama saya dengan beberapa teman sekelas saya. mudah-mudahan radio ini memberikan manfaat bagi pendengarnya.

Tak Bisa ku pendam Air mata ini "AYAH"

Sejak 6 Bulan yang lalu ketika ku di tinggal Pergi ayahanda tercinta, kini kehidupan ku ikut berubah seiring waktu, tak ada lagi yang memingatkan ku kepada-MU, sekarang ku benar-benar hidup dengan ke inginana ku sendiri, hanya ilmu yang pernah beliau ajarkan kepadaku mudah-mudahan bisa ku amalkan, seandainya waktu bisa di putar kembali. banyak yang ingin ku lakukan bersama ayah. sekarang tinggal ibu yang ku miliki, mungkin ibu adalah orang yang paling kehilangan ayah, anak mu ini yang sering mengecewakanmu, membuatmu marah saja sangat kehilanganmu, apalagi seorang Ibu yang sehari-hari ada di sisimu. disini ku merindukan mu, sosok seorang pemimpin di dalam keluarga yang sangat aku hormati.
Insya allah ilmu yang kau berikan tidak akan sia-sia, akan ku amalkan di dalam kehidupan sehari-hari walaupun ku tau, ku tak akan sehebat ayah.
Ya Allah semoga ayah ku selalu berada di sisimu, di berikan Ridomu untuknya, di lapangkan Kuburannya dan di beri kebahagiaan di tempat peristirahatan terakhir.


I love U So much "Ayah"




13 Juni 2011.


Membuat animasi Di etoys

Pertama kali saya mendengar ada aplikasi benaram Etoys saya langsung bertanya-tanya, aplikasi apa itu? Setelah itu saya mencari link download aplikasi tersebut di internet yang Alhamdulillah ketemu dan langsung saya download. Ternyata setelah saya install dan membuka aplikasi tersebut sekarang yang ada di pikiran saya adalah bingung melihat tampilan awal aplikasi itu


Ada gambar mobil yang berjalan, setelah itu saya klik gallery of project, disini ada sample project yang sudah ada bawaan dari aplikasi tersebut, saya lihat ternyata yang di pikiran saya kok ini aplikasi seperti aplikasi untuk anak TK yah? Unyu…unyu gimana gitu? Apa sih yang kita dapat dari ini aplikasi. Setelah saya mencari referinsi dari internet ternyata ini aplikasi untuk membuat sebuah Animasi, memang sih disini seperti aplikasi ini di peruntukkan untuk anak kecil, ternyata saya salah disini butuh sebuah coding untuk menjalankan objek yang kita buat.
Oke, kita langsung saya membuat sebuah objek, disini saya akan membuat sebuah icon dari smartphone yaitu Robot android dan lambing dari Appel. Kenapa saya memilih objek ini karena di zaman sekarang appel mendapat serangan yang begitu dasyat dari pabrikan yang membuat android ini yaitu google dimana apple harus berusaha tetap eksis dalam membuat sebuah produk dan yang pasti harus lebih bagus dari buatan google, terutama dari bagian software.
Disini saya akan membuat robot android mengelilingi appel, yang di ibaratkan apple itu tidak bebas dalam memasarkan ponselnya dengan keberadaan andoid. Pertama kita klik make a project untuk membuat sebuah objek baru.

Setelah itu kita pilih gambar yang seperti paint, yaitu untuk menggambar sebuah objek dan akan menampilkan kotak dialog sperti untuk menggambar. Pilih yang bergambar pensil dan kita pilih warnanya dan gambarlah di jendela etoys tersebut.









Nah ini objek yang berhasil saya buat adalah sebuah robot android, mungkin tidak mirip seperti aslinya karena saya masih amatir dalam menggunakan etoys ini, jadi maklum saja kalau gambar ini jelek, kedua kita lanjutkan membuat sembuah lambang apple. Caranya sama saja seperti kita membuat robot android tadi.








Nah kita berhasil membuat objek lainnya yaitu lambang apple, sekarang kita membuat supaya gambar tersebut bisa bergerak.










Caranya adalah klik mouse kanan pada objek dan klik lambang mana, setelah itu tarik yang ada tulisannya sketch forward dan skekch turn, maksud dari sket forward adalah untuk kecepatan bergerak objek tersebut dan sketch turn itu adalah untuk putarannya.
Kita tinggal atur pada bagian forward dan turn untuk bagai mana kecepatan objek tersebut berputar.




Ini lah animasi yang berhasil kita kerjakan kali ini, berhubung saya pertama kali menggunakan etoys dan ini lah hasil kreasi yang bisa saya buat untuk pertama kalinya, terimakasih.





Membuat Objek Di blender

Kita akan membuat sebuah objek dengan menggunakan blender, blender adalah sebuah aplikasi untuk membuat sebuah objek 3D ataupun animasi, blender ini adalah open source jadi kita bisa mendownloadnya dengan gratis. Saya pun ikut mencobanya walpun memang saya tidak mengerti apa-apa dengan blender ini, karena saya tidak mahir dalam mendesign. Oke, karena saya harus membuat sebuah objek untuk menyelesaikan sebuat tugas dari kampus, mau tidak mau saya pun harus mulai mempelajari blender ini. Disini saya akan membuat sebuah tugu monas. Kenapa saya memilih objek ini? Karena saya orang kampong dan baru ke Jakarta hal yang pertama saya ingin lihat adalah Monas ini atau nama lengkapnya adalah Monumen Nasional. Apa sih monas itu? Saya selalu penasaran waktu saya masih Duduk di sekolah dasar. Sampai akhirnya saya bisa melihat ketika duduk di SMP sampai saya kuliah pun saya sempatkan kalau main ke Kota menggunakan kereta saya selalu melihat monas. Monas ini bagian dari kekayaan yang di punyai oleh Indonesia dan juga sebagai warisan sejarah dari Ins. Soekarno. Jadi kita harus menjaganya, bisa juga di katakana ini lah jantung Kota Jakarta, taka da Monas mungkin taka da Jakarta. Hehehe
            Oke langsung saja kita buat pertama kita buka aplikasi blender yang kita install kemudian kita add objek, oh iya secara default sudah ada objek yaitu sebuah pergesi. Jadi saya menggunakan itu untuk membuat tugu bawahnya. Dan kemudia di add lagi di menu add-mesh-Cube, nah aka nada sebuah kotak lagi kita tinggal edit kotak tersebut hingga menjadi sebuah tugu dengan menggunakan menu scale dan rotate sampai objek menyerupai bentuk asli objek yang akan kita buat. Hasilnya adalah seperti objek yang berhasil saya buat, walau pun munggkin tidak mirip tapi inilah yang bisa saya kerjakan karena saya belum mahir dalam menggunakan blender. Sampai disini dulu bahasan tentang blender nanti kita sambung lagi lain waktu. Terimakasih







Peranan desain pemodelan grafik untuk interaksi manusia dengan komputer bag.2

Kita Sudaha membahas peranan desain pemodelan grafik untuk interaksi manusia dengan komputer pada bag.1 dimana bagian tersebut di katakan bahwa peranan desain pemodelan grafik adalah untuk mempermudah manusia mengerti maksud yang terkandung di dalam icon/ desain yang ada pada komputer.
            Dimana sebelumnya kita menjelaskan maksud icon yang berada pada microsoft office 2010 sekarang kita akan menjelaskan icon yang berada pada pemutar musik winamp. Dimana di winamp terdapat icon play,pause dan stop yang biasa kita tahu dengan sebuah icon tanpa penulisan kata-katanya.

Disana kita bisa lihat ada beberapa icon, disini lah peranan desain pemodelan grafiknya. Tanpa di jelaskan kita sudah tahu bahwa icon tersebut memiliki fungsi yang kita sudah di ketahui. Contohnya tombol play yang seperti gambar segitiga yang di puter ke kanan. Karena sudah umum jadi kita sudah bisa mengetahuinya secara langsung fungsi dari icon tersebut, tanpa membaca buku panduannya atau manual booknya terlebih dahulu. Dan juga sebuah icon garis 2 atau (II) adalah lambang menggambarkan bahwa icon tersebut adalah untuk memlakukan pause atau menjeda sebuah lagu yang kita putar dan juga icon sebuah persegi adalah menggambarkan icon yang berfungsi untuk menghentikan sebuah lagu. Jadi kita tahu sendirikan tanpa di beritahu komputer pun kita sudah mengetahui fungsi icon tersebut karena lambang tersebut sudah menjadi familiar di kalangan kita.
Jadi intinya sama dengan bagian pertama peranan pada desain pemodalan grafik untuk interaksi komputer dengan manusia adalah untuk mempermudah user/manusia dalam melakukan sesuatu yang berada di komputer dengan bantuan sebuah icon-icon yang akan mempermudah pekerjaannya di dalam menggunakan komputer.



Peranan desain pemodelan grafik untuk interaksi manusia dengan komputer bag.1

Sudah tidak di pungkiri lagi tentang peranan desain untuk interaksi manusia dengan computer, contohnya adalah desain tool-tool yang di sediakan komputer untuk berinteraksi dengan manusia. Peranan desian pemodelan grafik terhadap interaksi manusia adalah untuk mempermudah manusia mengerti apa yang di maksudkan komputer. Contohnya adalah tampilan icon-icon yang berada di dalam komputer untuk mudah di mengerti oleh manusia sebagai usernya, jadi hanya dengan melihatnya kita sudah mengerti maksud yang terkandung di dalam komputer tersebut. Kita ambil contoh saja icon yang berada pada Microsoft office 2010.

Ada Icon save, save As, Open dan close.
Disini desain pemodalan grafiknya berperan untuk menyampaikan pada user bahwa gambar yang seperti itu adalah untuk melakukan hal tersebut seperti Save.
Mari kita jelaskan satu persatu:

Pertama Ikon Save 

Nah disini sebenernya tanpa ada tulisan Save juga kita sudah tahu bahwa ikon itu adalah untuk memakukan save atau menyimpan documents yang kita buat, disini lah peranan desain pemodelan grafik berfungsi. Karna kita sudah familiar bahwa ikon save di gambarkan seperti itu.

Kedua icon Save AS 

Sama seperti icon pada save, save as juga memiliki peranan untuk menyampaikan bahwa icon tersebut adalah icon untuk melakukan penyimpanan dengan nama file yang berbeda disini titambahkan gambar pensil untuk membedakan dengan icon save.


Ketiga icon Open


Untuk menyampaikan pada user bahwa icon yang bergambarkan sebuah folder terbuka adalah untuk membuka sebuah folder atau file yang kita save untuk di buka di Microsoft office kita.





Ke empat icon close

Untuk menyampaikan bahwa gambar tersebut adalah untuk menutup documents yang kita kerjakan.

Jadi intinya peranan pada desain pemodalan grafik untuk interaksi computer dengan manusia adalah untuk mempermudah user/manusia dalam melakukan sesuatu yang berada di computer dengan bantuan sebuah icon-icon yang akan mempermudah pekerjaannya di dalam menggunakan komputer.