Pages

Subscribe:

Wisbux-PTC

 

menu

Sabtu, 14 Mei 2011

BAB 5 : Aspek Sosial


Senin, 18 April 2011

Aspek Sosial
Web adalah bagian dari komputasi tertanam dalam pengaturan sosial, dan
perkembangannya adalah sebagai banyak tentang mendapatkan hak embedding seperti yang
melakukan rekayasa. Pada bagian ini kita akan melihat sosial, kognitif-
efektif dan moral konteks Web, dan membahas cara-cara yang sosial
persyaratan dapat memberi makan ke dalam keputusan rekayasa. Diskusi ini tidak
tidak termasuk penegakan standar atau lembaga pemerintahan,
yang tercakup dalam Bagian 6.
5.1
Artinya, supervenience dan landasan simbol
Web sering disebut sebagai seperangkat lapisan, dengan standar, bahasa
atau protokol bertindak sebagai platform atas yang baru, lebih kaya, lebih ekspresi-
formalisms komprehensif bisa duduk. platform tersebut, seperti TCP / IP, secara sengaja
dengan tujuan sebagai netral mungkin. Semantic Web adalah jelas
contoh arsitektur berlapis namun unprescriptive [32].
representasi berlapis tersebut tidak reduktif - yaitu bagian atas
tingkat tidak hanya singkatan ekspresi di tingkat yang lebih rendah. Tapi
ada pertanyaan yang menarik untuk dilakukan dengan signifikansi seperti lay-
Ered representasi arsitektur. Secara khusus, semakin dekat ke
71
72 Aspek Sosial
ekspresi atas yang ditemukan, semakin besar kemungkinan untuk memiliki makna.
Dengan yang kami berarti bahwa meskipun bahasa ekspresif perlu memiliki
sintaks formal (dan mungkin semantik), untuk menjadi signifikan masih perlu
untuk memetakan ke wacana manusia dalam cara yang dimengerti.
Dalam model Semantic Web, ontologi dimaksudkan untuk melakukan
pemetaan ini, dan untuk membuat dialog yang bermakna antara manusia dan
mungkin [97] mesin, meskipun penting untuk menjadi jelas bahwa seperti
pemetaan tidak sihir: ontologi, sebagai ciptaan buatan, berdiri hanya dalam
sebagai kebutuhan banyak pemetaan ke wacana manusia sebagai struktur mereka
peta [113, 289]). Dan dalam hal ini, mereka tidak berbeda dengan terstruktur lainnya
formalisms, seperti query [39].
Satu pandangan ini mengingatkan pada gagasan filosofis supervenience
[168, 169]). Salah satu wacana atau serangkaian ekspresi A supervenes yang lain
himpunan B bila ada perubahan pada A memerlukan perubahan dalam B namun tidak sebaliknya.
Jadi, pada teori supervenience dari pikiran / otak, setiap perubahan pada pria-
tal negara memerlukan beberapa perubahan di negara bagian otak, namun perubahan di otak
negara tidak perlu mengakibatkan perubahan pada kondisi mental. Super-
venience adalah sebuah konsep yang kurang kuat dari pengurangan (reduksionis seorang the-
ORY dari pikiran / otak berarti orang bisa menyimpulkan keadaan mental
dari negara bagian otak, psikologi bahwa berikut dari neuroscience). Dan
telah dipikirkan selama bertahun-tahun yang supervenience adalah cara yang baik
menjelaskan generasi makna: materi uninterpreted di
lapisan bawah wacana ini disusun dengan cara yang signifikan sehingga
bahan dalam lapisan atas terkendala menjadi bermakna. Ini
mungkin cocok untuk berpikir dari Web memiliki semacam ini super-
venience layering: tersebut berdampak konstruksi di bagian atas tergantung
krusial pada konstruksi makna dalam HTML atau XML atau apapun
di bawah ini.
Jika kita melihat tingkat yang lebih tinggi dari Web sebagai yg datang setelah di
lebih rendah, kemudian muncul pertanyaan untuk apa dasar tingkat
Web adalah, dan pertanyaan lebih lanjut apakah mereka harus mengambil
beberapa bentuk tertentu atau lainnya. Orang tidak harus berlangganan ke
persyaratan untuk grounding simbol (yaitu kebutuhan untuk menghindari simbol berarti-
ing yang 'membumi' hanya dalam simbol-simbol lain, dan sebaliknya yang membumi
oleh beberapa hubungan langsung dengan rujukan - persyaratan - [129, 130]
bahwa Wittgenstein, antara lain, membantah dapat dipenuhi - [291]) untuk
5.2. Web penalaran
73
mengharapkan untuk melihat beberapa jenis wacana simbol uninterpreted bermain
peran mendasar.
'Artinya adalah menggunakan' adalah slogan terkenal yang mewakili wawasan kunci
dalam filsafat kemudian Wittgenstein bahasa. Ini jelas berisi sangat
wawasan penting, dan diterapkan untuk bahasa alami adalah cara yang ampuh mes-
bijak untuk memahami makna dalam hal apa yang orang menggunakan bahasa mereka
lakukan. Pemahaman yang sama berlaku untuk Web Semantic, tetapi ada
pertanyaan yang lebih luas 'memakai' apa yang terdiri masuk Dalam dunia mesin pro-
cessing dan interoperabilitas data, banyak penggunaan atau wacana adalah
secara otomatis oleh komputer. Untuk alasan itu, tidak jelas
bahwa definisi dalam kata-kata, atau kode, atau menggunakan cukup spesifik, tidak akan cukup
untuk dijabarkan istilah untuk Web Semantic dengan akurasi yang cukup untuk
memungkinkan deduksi logis untuk mengambil tempat. Stabilitas dari referen kunci
URI, misalnya, bisa memungkinkan banyak otomasi dalam spesifik
topik daerah - gagasan ilmu sebagai makna mendasari mengingatkan
dari teori Hilary Putnam [233]. Fakta bahwa Semantic
Web bekerja di dunia data relasional, dengan mesin melakukan banyak
kerja, berarti bahwa tidak selalu berwewenang untuk menyelesaikan
masalah definisi dan logika yang telah terbukti sangat tahan terhadap
analisis dalam dunia bahasa alamiah, meskipun mungkin wawasan baru
diperoleh dari landasan di URI dibahas dalam bagian 3.1.2 di atas.
5.2
5.2.1
Web penalaran
perubahan ditambah?
c
Sebagaimana telah kita lihat, ada berbagai isu dalam ilmu Web
dengan akar semantik, filosofis atau logis. Ini bukan pertama kalinya
bahwa praktisi paradigma komputasi tiba-tiba harus
membiasakan diri dengan Philosophical Logic. Proyek umum
dalam Artificial Intelligence (AI) mencoba untuk menghasilkan umum beradaptasi
masalah-pemecah berdasarkan deskripsi simbolik dan penalaran,
sopir (dan prima facie masuk akal) yang kuat dari penelitian AI melalui
1960-an dan 1970-an, akhirnya kandas pada kesulitan-Speci
fying segala sesuatu yang diperlukan untuk komputer untuk alasan tentang sewenang-wenang duduk-
asi. Kegagalan ini menyebabkan nama meremehkan 'GOFAI' (Good Lama
Kuno AI) untuk proyek tersebut.
74 Aspek Sosial
Beberapa berpendapat bahwa GOFAI terhambat oleh kegagalan untuk memecahkan bingkai
masalah, kenyataan bahwa dunia nyata penalaran tampaknya sangat situ-
diciptakan, dan bahwa setiap deskripsi atau representasi tidak pernah dapat dibatasi
untuk berdamai dengan signifikansi lokal - untuk mengerti apa-apa komputer
harus mengerti segala sesuatu [133, 82]). Lain mengatakan bahwa AI
tidak bisa alasan tentang apa-apa sampai ada hubungan yang solid antara
syarat dengan mana suatu alasan komputer dan referen nya, sambungan
tidak disediakan oleh program programmer 'di [129, 130]. Ada
juga telah klaim tentang jenis hal komputer atau robot
adalah, walaupun kritik dari hardware kurang penting di sini dari
kekurangan dari dasar-dasar semantik dan logis GOFAI
(Cf. [255]).
Ada, itu harus berkata, argumen AI-independen yang akan
tampaknya mendukung proyek GOFAI, bahwa (misalnya) 'mengetahui bagaimana'
hanyalah spesies 'yang mengetahui', dan bahwa pengetahuan prosedural
adalah, apapun penampilan, hubungan antara agen dan propo a-
sition [267], tetapi argumen tersebut tidak tampaknya harus ditanggung oleh
teknologi. Sebuah alternatif untuk GOFAI, ia berpendapat, relatif bodoh
metode berdasarkan sintaks dan komputasi numerik - unintel ini '-
ligent 'metode (seperti PageRank, IR, NLP) ternyata banyak berperilaku
lebih efektif.
Hal ini dikatakan oleh beberapa bahwa Web - dan khususnya Seman-
Proyek Web tic - mengancam untuk membuat semua kesalahan yang sama seperti GOFAI.
Secara khusus, kebutuhan untuk menciptakan ontologi untuk membantu berbagi data dan sebagainya
pada telah dilihat sebagai memerlukan konteks teori-bebas dari segala sesuatu [158].
Proyek CYC banyak dikutip, untuk menghasilkan sebuah basis pengetahuan raksasa dan
penalaran 'akal sehat' mesin inferensi untuk mendukung [183] ​​tidak
tampaknya telah rusak bagian belakang masalah, sedangkan ontologi pro-
diproduksi oleh gerakan ontologi formal filosofis [124, 106, 210]
tampak agak rumit dan menakutkan, meskipun telah disarankan
bahwa mereka dapat digunakan (sebagai semacam ontologi 'dalam') untuk membawa bersama-sama
tumpang tindih ontologi ringan dan berhubungan mereka untuk setiap [228] lainnya.
Pada akhirnya, pergi argumen, itu adalah sifat terletak dari gigi manusia
menghasilkan suatu definisi yang memungkinkan bagi pikiran manusia untuk melakukan indah pro-
cessing pengetahuan didistribusikan dan multimodal.
5.2. Web penalaran
75
Di sisi lain, klaim bahwa Web, dan SW di
tertentu, akan memukul masalah yang sama seperti GOFAI harus dilihat dalam
konteks berbagi, manipulasi dan interogasi dari relasional
data seperti yang disebutkan pada program SW. Data yang sudah dibagi dan
digabung dalam sejumlah konteks oleh aplikasi tujuan khusus,
yang menjahit bersama mendasari ontologi dengan pemetaan yang relevan dan
Terjemahan. Terjemahan ini tidak perlu bersifat universal, dan tidak perlu bertujuan
untuk menghasilkan suatu ontologi yang konsisten secara global. SW generalises semacam ini
pendekatan untuk sistem data bersama dengan mengembangkan standar untuk peta-
ping antara set data; argumen lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan bahwa
program ini akan jatuh busuk keberatan standar dan praktis
hambatan untuk GOFAI.
Secara khusus, SW tidak bergantung pada, atau selalu bercita-cita,
produksi tingkat kecerdasan dipertimbangkan oleh theo GOFAI-
rists. solusi parsial akan bekerja, dan akan ditujukan, di SW. Ini
tentunya baik jika agen buatan dapat menghasilkan rentang
dari kesimpulan yang mungkin manusia, tapi itu bukan tujuan eksplisit
SW, dan SW tidak akan gagal jika seperti agen adalah tidak diproduksi.
Tujuannya adalah untuk menghasilkan ekstensi ke Web yang akan memungkinkan lebih
informasi yang akan diproduksi lebih mudah dalam menanggapi pertanyaan. GOFAI
bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem yang cerdas menunjukkan manusia-tingkat
intelijen; SW harus membantu sesuatu yang tingkat kecerdasan manusia
(Biasanya seorang manusia) dalam akuisisi penemuan informasi sehari-hari, dan
pemrosesan [17].
Ada juga argumen bahwa ontologi tampaknya kurang prob-
lematic bila dilihat dari perspektif ini. Bouquet et al menjelaskan
C-OWL (atau Konteks-OWL), perpanjangan dari OWL yang memungkinkan konteks-
ontologi tergantung untuk diwakili [41]. Dan setidaknya satu com-
mentator telah melihat SW sebagai calon penyelamat dari sistem pakar
program penelitian. Sedangkan besar kekuatan pengetahuan basis pengetahuan
ke dalam jaket, di mana hal-hal yang tidak sesuai tidak mendapatkan diwakili, dan
representasi pengetahuan adalah hal yang sedikit demi sedikit didorong oleh kontingensi the-
cies dari KRL itu, SW menyediakan sarana untuk fleksibilitas yang lebih besar
representasi dan menangkap dari alasan. Ulet hiper-pengetahuan
basis, mengandung banyak link keluar dan representasi dari beberapa
76 Aspek Sosial
pengetahuan yang sama atau yang terkait harus lebih adaptif terhadap perubahan dan
kembali [110].
5.2.2
Alternatif cara penalaran
Ada berbagai jenis penalaran, tetapi tidak terlalu banyak
berhasil otomatis di luar penalaran deduktif linier dan var-
IOUs metode statistik. Apa metode alternatif memiliki fasilitas Web-
tated? Salah satu kandidat yang jelas adalah penalaran asosiatif, dimana penalaran
atas dasar asosiasi - yang dapat sangat tidak terduga dan
personalisasi - mengambil satu menuruni kereta pemikiran [202]. Jadi, untuk ujian-
Misalnya, kasus klasik dari penalaran asosiatif diberikan dalam novel Proust
Remembrance of Things Past, di mana narator setengah baya, setelah
makan Madeleine yang telah dicelup dalam teh, menemukan dirinya diangkut kepada anaknya-
kap di Combray, ketika Bibi Onie L akan memberinya Madeleine
e
pada hari Minggu pagi. Di Web, potensi nalar asosiatif-
ing sangat besar, mengingat jumlah besar hyperlink asosiatif, dan
sifat dunia kecil dari Web. Google-seperti pencarian, berharga
meskipun mereka diragukan lagi adalah, tidak bisa seluruh cerita di dunia
kecil merasuk perangkat, perangkat lunak agen dan sistem terdistribusi [127].
Namun, asosiatif penalaran melalui hyperlink, meskipun yang menarik
dan metode penting, bukan satu-satunya cara untuk pergi tentang itu. Jenis ini
penalaran penalaran tidak ketat asosiatif yang tepat, sebagai diasosiasikan the-
negosiasi adalah dari penulis, orang yang menempatkan hyperlink ke
dokumen. Dalam adegan Proust, hal ini seperti Marcel mengambil gigitan nya
Madeleine dan tiba-tiba dan tak terduga mempersepsikan kenangan
tukang roti. Buka hyperlink memungkinkan pembaca untuk menempatkan struktur link
lebih dari yang ada halaman Web, menggunakan informasi seperti metadata tentang
halaman yang dimaksud, ontologi yang relevan dan model user [54]. Associativity
jelas salah satu kekuatan pendorong utama dari Web sebagai penyimpan pengetahuan-
tepi dan sumber informasi. Asosiatif penalaran, misalnya,
telah digunakan untuk kolaborasi dalam sistem penyaringan rekomendasi [177].
Tipe lain dari penalaran penalaran analogis, sangat lain
pasti jenis penalaran bahwa manusia sangat berhasil
menggunakan. Penalaran dengan bekerja analogi dengan mengenali karakteristik serupa
antara dua subyek, dan kemudian dengan asumsi bahwa mereka memiliki lebih banyak subyek
5.2. Web penalaran
77
karakteristik yang sama - secara khusus bahwa jika subjek A memiliki aset
P, maka dengan analogi begitu juga subjek B [109]. Jelas keberhasilan
penalaran analogi tergantung pada memiliki representasi dari dua sub-
jects yang memungkinkan untuk tempat analogi, dan yang sesuai
hati-hati (tetapi kreatif) secara benar penalaran. Kasus berbasis penalaran
(CBR) adalah jenis baik dieksplorasi penalaran analogis.
Penalaran analogi dapat dibuat untuk bekerja di con menarik-
teks [199], dan mesin penalaran ada [266]. Sketsa suatu pendekatan
menggunakan penalaran analogi untuk menghasilkan metadata tentang sumber daya telah
muncul baru-baru ini [299], dan penjelasan berbasis kasus dapat berguna dalam
domain mana model kausal yang lemah [214]. Dalam sebuah domain dijelaskan oleh
beberapa ontologi, teknik penalaran analogi mungkin akan digunakan-
berguna sebagai penalaran bergerak dari satu set deskripsi ontologis terhadap
lain, meskipun sama perubahan sudut pandang juga dapat komplikasi-
peduli hal. Ada telah mencoba menarik untuk mendukung ana-
alasan logis (yaitu CBR) di seluruh pengetahuan desentralisasi seperti kompleks-
struktur tepi [70], dan juga ekstensi untuk XML untuk mengungkapkan kasus berbasis
pengetahuan [66].
5.2.3
Penalaran bawah inkonsistensi
Web adalah media demokratis. Penerbitan murah, tetapi itu berarti
bahwa kita harus mengharapkan inkonsistensi. Untuk Web-prinsip klasik
ciple mantan quodlibet falso, bahwa pernyataan bersama dan
penyangkalan memerlukan setiap proposisi apa pun, jelas terlalu kuat.
Menegakkan konsistensi memeriksa dan mencoba kontradiksi penjahat adalah
non-starter berkat tekanan sosial terhadap inkonsistensi pada
Web, atau bahkan lainnya sistem terdistribusi berskala besar. Kemungkinannya
kesalahan (entri data yang tidak benar) tentu saja tinggi. Berbahaya atau orang-
konten dacious akan ada. Tapi yang paling penting, akan ada yang serius
perselisihan dengan itikad baik dalam segala macam bidang. Kekuatan sosial ini
membuat inkonsistensi tak terelakkan di setiap bagian yang layak berukuran dari
Web - dan memang sudah didorong banyak strategi penalaran-
gies di AI, dimana sistem dirancang dengan harapan memiliki
untuk mengatasi dengan basis pengetahuan bertentangan, atau di mana kemungkinan
ada yang pernyataan yang benar dalam model pada satu titik mungkin tidak
78 Aspek Sosial
benar lebih lanjut. Strategi-strategi semacam menganggap kesimpulan yang terletak,
dan bahwa keinginan untuk menemukan dan mengekspos kontradiksi adalah
tergantung pada konteks (lih. misalnya [140] untuk contoh awal dari AI).
Keuntungan utama dari logika klasik adalah bahwa hal itu skala. Maka salah satu
solusi untuk masalah ketidaksesuaian adalah untuk mengembangkan strategi untuk menangani
dengan kontradiksi karena mereka muncul. Sebagai contoh, sesuatu di Web
ditegaskan oleh beberapa formula dalam dokumen, tetapi berbeda dokumen
tidak perlu dipercaya pada tingkat yang sama. Terkait dengan dokumen
akan metadata dari berbagai jenis, yang dapat membantu memutuskan apakah
pernyataan dalam satu dokumen harus menimpa penyangkalan tempat lain.
Atau, ini merupakan kesempatan aplikasi untuk paraconsistent
logika, yang memungkinkan ekspresi inkonsistensi tanpa corre-
sponding deduktif free-untuk-semua. logika Paraconsistent melokalisasi efek
ketidakkonsistenan, dan sering memerlukan relevansi semantik proposisi
digunakan dalam pengurangan (bukti quodlibet falso mantan membutuhkan conjunc-
tion sebuah proposisi tidak relevan dengan yang bertentangan), yang
mencegah efek dari penyebaran luar hotspot bertentangan
[15, 262], dan lihat [231] untuk survei).
pendekatan lainnya termasuk memiliki nilai kebenaran ganda untuk komplikasi-
peduli analisis kontradiksi (dan munculnya kontradiksi-
tion mungkin memang sering terjadi karena berbagai faktor kontekstual yang
sangat sulit untuk menganalisis dan meresmikan). Dan salah satu dari beberapa jenis
logika paraconsistent dengan sejarah implementasi terhormat sebagai
serta bersih dan teori semantik bukti dijelaskan logika [95, 271]).
Modal logika, yang mungkin memperlakukan sumber daya Web sebagai dunia mungkin dalam
inkonsistensi yang buruk, tetapi antara yang diperbolehkan, akan
sudut lain, tentu pendekatan ini penting dalam agen
masyarakat [mis 270].
Dalam istilah Web Science, isu dari "benar" logika untuk Web
akan tergantung pada konteks, tujuan analisis dan sebagainya. Tetapi jelas
bahwa pemodelan Web adalah penting untuk beberapa tujuan di mana
bukti yang diperlukan tentang apa yang mensyaratkan oleh serangkaian laporan (untuk
Misalnya, dalam menemukan apakah informasi telah digunakan dengan benar atau
salah - cf. [287]). Dan di SW, logika memainkan peran yang lebih besar. Yang
logika sesuai untuk Web, atau SW? Masalah apa yang skala
harus kita mengantisipasi? Apakah ada metode ad hoc yang mungkin mendapatkan putaran
5.3. Web epistemologi
79
masalah logis dalam, dan biarkan logika relatif mudah untuk
fungsi dengan daerah terbatas dari aplikasi? Dan bagaimana bisa standar
kerja, dan pengaturan standar membantu menyelesaikan masalah-masalah logis?
5.3
Web epistemologi
Komputer telah merevolusi epistemologi, dan yang paling Web dari semua.
Ide seperti Web Semantic bertahan kemungkinan sebuah exten-
sion otomatisasi pengolahan informasi. Gerakan e-ilmu
telah terbukti sangat menarik. Filosofis, metode ilmiah telah
terbukti sulit untuk memakukan, tapi ini sebagian karena logis
struktur penelitian dan kesimpulan yang pasti dirusak oleh
manusia dan sifat kolektif dari proses, yang berarti bahwa sosial
proses, proses politik dan heuristik penemuan setidaknya sebagai
penting sebagai logika.
Selain itu, dengan memungkinkan penjelasan tentang asal dan lainnya
isu-isu yang mendasari pengetahuan generasi, Web memungkinkan yang kuat dan
dilembagakan apresiasi konteks pengetahuan (apa yang
mengasumsikan, metode apa yang menciptakannya, dan akhirnya apa politik dan
sosial berakhir pengetahuan dikembangkan untuk melayani). metadata tersebut
seringkali penting dalam evaluasi heuristik pengetahuan, dan Web
memberikan kesempatan untuk memahami sejarah sepotong-pengetahuan
tepi, dan kontribusi bahwa sejarah yang membuat untuk trustworthi nya-
ness [110].
Ada dua pertanyaan epistemologis penting untuk Web Science.
Yang pertama adalah sifat-sifat apa yang akan platform masa depan perlu dalam rangka
untuk memungkinkan informasi sebanyak mungkin untuk tertarik ke Web dengan-
keluar memaksakan teori struktur atau pemerintahan atasnya? Salah satu tujuan dari
Web adalah untuk memfasilitasi diskusi rasional ide-ide, bukan jenis
penuh benci serangan ad hominem yang membentuk agak terlalu banyak dari apa yang
secara longgar disebut perdebatan [30].
Dan kedua, Web memiliki struktur desentralisasi radikal.
Mengingat bahwa, tentu saja dapat digunakan frivolously atau jahat. Bagaimana
bisa kita buat lebih mungkin daripada kurang, yang baik ilmu dan baik
epistemologi berakhir di Web, dan bukan takhayul? Memang, adalah bahwa
hal yang baik? Pada umumnya, kebanyakan orang berperilaku dengan itikad baik dengan
80 Aspek Sosial
menghormati satu sama lain di sebagian kalangan. Dan pendapat berbeda, bahkan
dengan itikad baik. Tapi ada tetesan konstan bukti bahwa Web
sedang digunakan untuk semen pendapat, dalam situasi politik yang terpolarisasi [3],
dalam kelompok-kelompok marjinal [272], dan bahkan di kalangan teroris [245, 285].
Bisakah kita menemukan keseimbangan terbaik antara pertukaran bebas dari pendapat dan
membatasi kesempatan untuk marginalisasi disengaja diri?
5.4
Web sosiologi
Web adalah cermin untuk masyarakat manusia, dan mencerminkan kepentingan, obses-
aksesi dan keharusan eksistensi manusia abad ke-21 diperpanjang selama
jangkauan yang sangat luas (mungkin jangkauan terluas dari setiap informasi manusia
ruang) nilai, budaya set dan asumsi. Analisis pencarian
syarat diketik ke Google mungkin menjadi sumber kunci untuk sejarawan
masa depan. Pada bagian ini kita akan melihat hubungan antara
Web dan penggunanya, pembaca dan penulis. Apa orang dan com-
komunitas perikanan ingin dari Web, dan apa online perilaku yang diperlukan
untuk Web untuk bekerja? Ini adalah terutama pertanyaan yang sulit mengingat
heterogenitas radikal dari Web - beberapa orang ingin menggunakan Web
untuk berbagi informasi, beberapa untuk liburan dan hiburan, beberapa ingin
untuk mengeksploitasi informasi yang didistribusikan di Web untuk melakukan ilmu
dengan cara-cara baru yang radikal, yang lain menginginkan arena untuk perdagangan, sementara masih
lain ingin membuat dan orang-orang semacam utopia anarkis yang telah
terbukti offline begitu sulit dipahami (cf. [186]).
5.4.1
Komunitas kepentingan
Web telah melahirkan sejumlah komunitas menarik dan novel
dengan sifat menarik. Sebagai contoh, Massively Multiplayer Online
Peran-Playing Game (MMORPG), di mana penerbit menyediakan per-
ruang online sisten di mana permainan berlangsung, telah melahirkan raksasa
ekonomi dan kode etik saleh sebagai komunitas yang sangat besar
pemain (kadang-kadang urutan juta) menghabiskan semakin besar
jumlah waktu online [55]. Potensi untuk perilaku di com seperti-
komunitas perikanan akan tentu saja tergantung untuk sebagian besar pada apa yang arsitektur-
membangun struktur memungkinkan [186], dan ukuran masyarakat tersebut dapat sangat besar.
Pada awal 2001, telah dilaporkan bahwa 84% pengguna Internet di Amerika
5.4. Web sosiologi
81
(90m orang) menggunakan internet untuk tetap berhubungan dengan semacam kelompok;
bahwa laporan, oleh proyek penelitian Pew Internet, sangat informatif
tentang cara-cara yang Amerika menggunakan Web untuk tetap berhubungan dengan
segala macam kelompok kepentingan [145].
Kita telah melihat beberapa metode struktur berbasis
mengungkap cybercommunities; masyarakat juga dapat dipelajari oleh
melihat komunikasi antara anggota dan pengetahuan
mereka berbagi [185]. Proxy atas kepercayaan (misalnya, bekerja kolaboratif
atau email jaringan) juga dapat digunakan untuk memetakan penyebaran masyarakat
kepentingan atau praktek [12, 216, 151, 297], yang dapat memiliki manfaat nyata dalam
sejumlah daerah. Misalnya, evaluasi program pendanaan
dirancang untuk mendorong penelitian lintas disiplin dapat didukung oleh bukti yang-
insidens untuk pembentukan atau sebuah komunitas baru dengan melihat
pola kolaboratif kerja [10]; grafik email diarahkan telah
digunakan untuk mengidentifikasi peran kepemimpinan [151]; konflik kepentingan yang potensial
antara penulis dan pengulas karya ilmiah yang telah memantau
pola menggunakan Tored dari kenalan di jaringan sosial [14]. Sebuah studi
blog politik di pemilihan presiden AS tahun 2004 menunjukkan pola menarik-
terns karakteristik perilaku politikus liberal dan konservatif-
komentator kal; kedua belah pihak menemukan item berita yang berbeda signifikan,
dan dihubungkan lebih erat ke situs ideologis menyenangkan, meskipun
blogger konservatif terkait lebih padat baik satu sama lain dan
oposisi liberal [3]. Temuan ini sejalan dengan prediksi hukum
Cass sarjana Sunstein [272] tentang perilaku orang dalam sebuah online
dunia di mana personalisasi konten yang mungkin dan rutin, meskipun
survei terbaru dari para ahli terkemuka menunjukkan bahwa prediksi tersebut tetap
kontroversial dan diperdebatkan [103].
Web dan Internet pada umumnya, mendukung jenis baru
interaksi, dan memberikan perspektif abad ke-21 pada beberapa lama
yang. survei terbaru telah menemukan peningkatan besar dalam jumlah
orang menjual sesuatu online [184], menggunakan mesin pencari [236], menggunakan
Webcam [237] dan mendengarkan podcast [238]. Web, dan lainnya baru
teknologi seperti komputer luas telah memungkinkan konsep-konsep baru
ruang untuk mengembangkan dan mendukung metode baru berinteraksi online
(Cf. [55]), atau interaksi baru antara ruang virtual, ruang fisik
atau ruang teoritis atau diukur seperti peta dan rencana [79]. Web
82 Aspek Sosial
interaksi yang penting sehubungan dengan masyarakat yang ada di tiga
cara: meningkatkan transparansi, memungkinkan komunitas offline untuk tumbuh
luar 'alami' mereka batas-batas, dan memungkinkan berbeda, lebih dikodifikasikan,
jenis komunikasi antara anggota masyarakat [71].
Secara umum, promosi metode baru berinteraksi dan semen-
ing masyarakat - dan memang jenis baru masyarakat - adalah salah satu
Tujuan dari generasi Web berikutnya, sebagai bagian dari tujuan yang lebih umum untuk
meningkatkan jumlah bahan di Web, untuk membuatnya lebih relevan
kepada lebih banyak orang, dan untuk membuat orang untuk menambahkan sumber daya ke Web tanpa
dipaksa untuk. Tidak mungkin untuk memprediksi apa masyarakat atau
jenis interaksi akan mengembangkan, tetapi segala sesuatunya sama meninggalkan sebanyak
pilihan mungkin terbuka harus memfasilitasi perkembangan novel (cf. [186]).
Orang-orang akan menggunakan platform baru dengan cara baru dan tak terduga,
yang sering berkembang selama jangka panjang (membuat mereka sulit untuk mengamati
bahkan ketika perilaku berubah). Selanjutnya, mengikuti tren pertama
tangan melibatkan mengamati pengguna dalam lingkungan sehari-hari mereka; con lab-
kondisi baik tidak pantas [108]. Oleh karena itu pemahaman teknik apa
dan persyaratan arsitektur yang ditempatkan di Web oleh kebutuhan
masyarakat merupakan masalah yang [277]. Dan Web Ilmu kebutuhan
tidak hanya analisis efektif interaksi pengguna "di alam bebas" sehingga untuk
berbicara; ini harus berjalan seiring dengan perkembangan teori
(Baik di tingkat sosiologis dan teknis) tentang apa itu tentang
sukses partisipatif teknologi seperti RSS, folksonomi, wiki
dan blog, yang umum di seluruh ruang. Dan, last but not least,
apa antarmuka yang penting?
5.4.2
Informasi struktur dan struktur sosial
Struktur sosial dari Web tergantung pada struktur rekayasa
kain yang mendasari tingkat atas. Pemahaman dari relasi
antara manusia dan teknologi, implikasi bagi masyarakat
manusia menjadi alat-dengan menggunakan hewan, telah menjadi ciri dari Philo yang banyak
sophical, politik dan sosial komentar Pencerahan-posting
periode, misalnya dalam karya Marx dan Heidegger. Web adalah
refleksi dari kehidupan intelektual dan sosial manusia, tetapi juga secara khusus
direkayasa untuk menjadi alat.
5.4. Web sosiologi
83
Secara khusus, struktur Web ini merupakan lanjutan pada tradisi yang lebih lain-
internasional struktur data. Semua struktur data berskala besar akhirnya pasti
dengan beberapa bentuk kongruensi dengan konteks manusia, misalnya
dalam suatu organisasi atau perusahaan [50]. Informasi hirarki, untuk
Misalnya, telah dikembangkan dalam hierarki sebagai struktur informasi
tertentu yang memenuhi kebutuhan organisasi embedding itu. Masalahnya
dengan hirarki adalah informasi yang cenderung digunakan dalam konteks itu
awalnya dibuat untuk. Reuse informasi sering bermasalah,
tetapi dalam sebuah organisasi yang sangat hirarkis dengan Sejalan hierar-
sistem informasi chical, masalahnya adalah finessed oleh pengetahuan tidak
biasanya yang diambil di luar konteks yang diciptakan (bdk.
misalnya [295]).
Ini bukan untuk mengatakan bahwa pohon tentu jenis buruk struktur-
mendatang, dunia pohon-berorientasi XML perbaikan pada line-
orientasi UNIX. Pohon memungkinkan kemungkinan yang penting, seperti
top-down terstruktur desain, menyembunyikan informasi, dan derajat kontrol
dikombinasikan dengan fleksibilitas. Namun perilaku dalam struktur semacam itu
dibikin adalah: laporan GOTO dianggap berbahaya, misalnya,
karena kontrol pengolahan hilang, dan analisis dan verifikasi
program menjadi sewenang-wenang keras (cf. [77]). Untuk mendapatkan dari satu bagian
hirarki informasi satu sama lain biasanya harus naik sampai
node umum untuk setiap subtree tercapai dan kemudian turun di detik-
o ligasi subtree. Untuk terstruktur, lingkungan terpusat di mana kontrol
penting, ini adalah inovasi penting.
Inovasi rekayasa dari Web adalah apa yang menciptakan nilai tambah
untuk pengguna manusianya. Pengembangan URI memungkinkan cepat dan
traversal tidak dibatasi ruang informasi ke segala arah; dari
setiap titik dalam satu ruang web bisa mencapai titik lain dengan segera (satu
dapat memilih untuk dibatasi oleh link berikut atau output dari pencarian
mesin, tentu saja). Dengan kata lain, GOTO adalah kembali; gotos global
yang disahkan, karena ketika gerakan semacam itu dibiarkan kemungkinan
dibuka dari reuse kebetulan. Reuse dalam situasi diprediksi, sebagai
terjadi dengan struktur hirarki informasi, juga bisa terjadi pada
Web, dan gotos memiliki biaya mereka. Analisis interaksi
dan kerjasama yang lebih keras, sebagai Dijkstra diprediksi, dan juga sistem
tergantung pada fungsi pemeliharaan dan tepat dari ruang URI.
84 Aspek Sosial
Demikian pula, kesederhanaan menyediakan halaman error 404 bila tidak ada
sumber daya yang ada pada URI disodorkan merupakan insinyur penting-
ing faktor, yaitu browser telah berhasil berkomunikasi dengan server
tapi server itu baik mampu atau tidak mau kembali halaman. Kunci
adalah bahwa tampilan kesalahan 404 merupakan tanggapan ringan untuk kegagalan
yang tidak menghambat aktivitas pengguna dengan cara apapun; menekan tombol 'back'
tombol pada browser mengembalikan segalanya kepada status quo ante. The
Web tidak dapat berfungsi tanpa ini toleransi kesalahan.
Informasi struktur bukanlah struktur sosial berbasis hanya pada
Web; pengguna lain memiliki satu set proses yang lebih berorientasi persyaratan.
Bagi banyak isu penting adalah tidak berbagi informasi melainkan
berbagi keahlian; untuk pengguna tersebut, kuncinya adalah tidak begitu banyak untuk menyediakan
ontologi sebagai cara untuk mengekspresikan alur kerja. Dan pemodelan informasi
aliran daripada negara telah menyediakan rute yang menarik ke dalam CRE the-
asi dan penemuan layanan web [208, 98]. Di sisi lain, seperti dalam
daerah lain, ontologi dan alur kerja yang tidak sesuai, meskipun mereka
menangani isu-isu yang berbeda, memang, pembangunan alur kerja dapat ontologi-
dimediasi [225]. Dan pemodelan bijaksana alur kerja dapat menghasilkan dis-
didistribusikan dan dinamis tugas pemahaman (misalnya untuk komponen layanan Web-
sition) yang menghindari over-sentralisasi ditetapkan alur kerja [282].
Informasi yang Web menyediakan digunakan dalam proses yang berguna embed-
DED dalam masyarakat manusia, mungkin yang paling jelas produktif manusia
bekerja. Memahami cara yang informasi dan teknologi Web
digunakan untuk tujuan tertentu merupakan tujuan penting untuk Web Science.
Data tentang ini bisa sulit didapat, tapi ketika data set lakukan menjadi
tersedia, penelitian sangat menarik bisa dilakukan (seperti [52]).
5.4.3
Signifikansi dan metrik yang
Sebuah konsep yang terkait dengan penggunaan sumber daya Web tertentu dalam suatu proses
adalah maknanya. Satu bisa menebak makna dari sebuah halaman kepada pengguna atau
masyarakat sampai tingkat tertentu intuitif: orang mungkin mengharapkan pembayar pajak AS
menjadi relatif lebih tertarik dalam halaman FAQ IRS daripada sewenang-wenang
halaman, sebuah Goth di homepage Nine Inch Nails ', dan wanita konservatif
di angryrepublicanmom.com. Ada beberapa metode untuk memperbaiki
potensi berbagai penafsiran intuisi seperti melalui beberapa keras
5.4. Web sosiologi
85
matematika, yang merupakan cara yang baik untuk mulai memahami sosial
dimensi Web. Dan pemahaman pentingnya halaman
adalah penting untuk tugas non-sepele halaman pemesanan diambil selama
Web pencarian dan pengambilan.
Signifikansi dapat didekomposisi menjadi dua jenis metrik: relevansi
dan kualitas [76]. Relevansi dihubungkan dengan gagasan query: bagaimana
banyak pertanyaan tidak halaman menangani? Perbedaan cara menjawab
pertanyaan yang telah menyebabkan perkembangan sejumlah penting
algoritma, namun pada dasarnya idenya adalah bahwa sebuah halaman menangani query ketika
baik itu berisi informasi yang relevan dengan query, atau titik-titik pembaca
ke sumber daya yang berisi informasi seperti [294]. Satu pendekatan adalah untuk
melihat struktur hyperlink yang memberikan konteks untuk halaman web,
dan mencoba untuk menyimpulkan ukuran relevansi dari struktur-struktur.
Jadi, misalnya, model Boolean sederhana menghitung jumlah
query istilah yang muncul dalam dokumen, yang dapat peringkat halaman berdasarkan
pada permintaan kata penghubung, atau transformasi dari disjunctions atau negations
menjadi konjungsi. Maka itu adalah langkah cukup logis untuk menggunakan rekursif
menyebarkan algoritma aktivasi untuk menyebarkan query, dengan mencari
permintaan ketentuan dalam dokumen tetangga, mengurangi signifikansi coef-
ficients sebagai sumber daya diuji mendapatkan lebih jauh dari aslinya
Halaman [294].
Di paling-dikutip model, halaman diberi skor yang merupakan
jumlah jumlah kata-kata query yang terkandung dalam halaman-halaman yang
link ke sana. Jadi model-paling dikutip menemukan otoritas daripada hub,
relevansi meskipun sederhana (tanpa berusaha otoriter-hak istimewa
hubungan lebih dari hub) juga dapat dihasilkan menggunakan aktivasi menyebar
Algoritma [76].
Selain konektivitas hyperlink sederhana, lebih canggih langkah-langkah
didasarkan pada model ruang vektor yang dokumen dan query
dipandang sebagai vektor [76]. Jadi, misalnya, TFxIDF memberikan relevansi sebuah
skor ke dokumen berdasarkan jumlah bobot dari istilah permintaan
dinormalisasi dengan panjang vektor Euclidian dokumen; bobot
istilah dihitung sebagai produk-salib Term Frekuensi (TF)
dan Frekuensi Dokumen Invers (IDF). Sebuah TF adalah ukuran dari
frekuensi kemunculan istilah dalam dokumen, sedangkan IDF adalah
mengukur jumlah dokumen terkait yang berisi istilah [180].
86 Aspek Sosial
TFxIDF gagal memperhitungkan informasi penting pro-
yang diberikan oleh sambungan hyperlink halaman [47], tapi bahkan termasuk seperti
informasi dalam suatu algoritma yang lebih luas tidak mengungguli TFxIDF oleh
jarak [294, 76] besar.
Lain mengukur relevansi jelas dalam e-commerce atau
e-publishing lingkungan adalah untuk mengukur jumlah download per
kunjungi. pola seperti penggunaan dan akuisisi dapat dipelajari untuk menghasilkan
peta atau jejak jalan bahwa pengetahuan sedang ditransfer ke dan
digunakan oleh komunitas pengguna. Percobaan di sepanjang garis-garis ini telah menunjukkan
bahwa perubahan signifikan sering terjadi sangat tiba-tiba, bersama terkait
acara-acara seperti pembuatan link ke sumber daya dari luar
situs, atau beberapa diskusi situs oleh komentator eksternal [9].
Struktur hyperlink di mana halaman web menemukan konteksnya juga
informatif tentang proxy kualitas. Jika ada link dari satu halaman ke
lain, yang dapat dibaca sebagai dukungan dari kertas kedua dengan
yang pertama. Itu adalah hipotesis yg dpt dibatalkan yang tergantung untuk sebagian besar
pada perilaku orang-orang yang benar-benar menciptakan halaman web - ternyata
bahwa sejumlah besar link yang memang mendukung dokumen lainnya
untuk beberapa derajat, bahkan jika hanya sebagai alternatif sumber informasi tentang
topik yang sama. Ukuran matematika ini tertanam dengan kuat di
kontingen sosiologi Web. Selanjutnya, metode tersebut dapat
diterapkan ke item multimedia di Web yang tidak mungkin mengandung
terutama menarik teks yang untuk mencari, seperti misalnya dengan
sistem temu bergambar PicASHOW [182].
Ada dua teknik utama untuk mengekstraksi informasi yang berkualitas
dari struktur hyperlink [76]. metode Co-kutipan berbasis didasarkan
pada wawasan yang link ke atau dari halaman cenderung berkonotasi beberapa
kesamaan jenis. Jika dua halaman menunjuk ke halaman ketiga, maka
dua halaman pertama mungkin berbagi topik yang menarik, jika sebuah poin halaman ke
dua halaman lainnya, maka dua terakhir juga dapat berbagi topik. Acak
metode berjalan berbasis menggunakan model dari Web sebagai grafik dengan halaman sebagai
node dan link sebagai ujungnya diarahkan (lihat Bagian 4.1.2 di atas) dan mengembangkan
probabilitas statistik berdasarkan random walk sekitarnya. Ukuran
kualitas halaman keluar dari metode tersebut dengan mengukur kualitas
dari halaman lain terhubung ke, dan penyaringan oleh derajat mereka
5.4. Web sosiologi
87
koneksi. Bersama dengan metrik relevansi, metrik kualitas kemudian dapat
peringkat hasil pencarian [76].
Yang mengukur kualitas yang paling terkenal adalah PageRank [221], dibahas
sebelumnya, yang dibangun pada intuisi bahwa halaman yang dikutip oleh
halaman lainnya kemungkinan akan kualitas yang signifikan. Wawasan dari
PageRank adalah bahwa cara yang jelas untuk menumbangkan model yang mengatur
beban halaman dummy untuk mengutip halaman mana yang ingin meningkatkan.
Tetapi jika halaman yang dikutip oleh halaman lain yang memiliki sendiri
PageRank yang tinggi, maka kemungkinan untuk menjadi berkualitas tinggi. PageRank
metode memiliki karakterisasi lain intuitif yang pada pandangan pertama tampaknya
untuk tidak ada hubungannya dengan kualitas: ini adalah probabilitas bahwa acak
surfer akan mencapai halaman [47]. Nilai dari tindakan ini tercermin
dalam keberhasilan Google dalam hal umur panjang, nilai pasar dan saham
pasar mesin pencari. Selanjutnya, untuk lain kualitas mengeksploitasi
ide random walk [181], kadang-kadang eksplisit memperluas ide-ide
mendasari PageRank [235].
Ide terkait HITS algoritma Kleinberg, berdasarkan ide
faktor dampak dari bibliometrics [171]. Penjelasan asli
faktor dampak untuk jurnal akademik adalah bahwa orang bisa melihat
jumlah kutipan untuk jurnal dalam konteks disiplin sebagai
keseluruhan. Satu kemudian dapat model berat pengaruh jurnal sebagai
fungsi bobot pengaruh jurnal mengutip dan fraksi
kutipan dari jurnal-jurnal tersebut mengutip yang mengutip jurnal yang bersangkutan.
Analog penalaran menetapkan sebuah algoritma untuk mengukur laman web
kualitas, baik dari segi nilai otoritas dan nilai hub nya.
Pola penggunaan dapat dikarakterisasi secara independen dari langkah-langkah
kualitas atau relevansi. Apa kemungkinan dokumen yang
diakses dalam waktu tertentu? Apakah waktu yang diharapkan sebelum
selanjutnya akses dokumen itu? Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti
memungkinkan identifikasi halaman, sumber daya dan dokumen yang
mungkin sering diakses, dalam hal ini mereka dapat PREFETCHED,
atau dibuat lebih tersedia bagi pengguna. Prefetching dapat dilakukan pada
nama pengguna, berdasarkan menggunakan profil tertentu nya, atau dengan server
berdasarkan statistik tentang pola penggunaan dalam populasi secara keseluruhan.
Aplikasi lain dari statistik tersebut adalah pengembangan adaptif
88 Aspek Sosial
situs web, di mana penyajian materi dan hyperlink intra-situs
struktur dapat bervariasi secara otomatis berdasarkan situs belajar
dari penggunaan sebelumnya [227]. Variabel yang berhubungan dengan pola penggunaan dapat
menggali keluar dari log server yang berisi waktu dan URI mengakses
permintaan, bersama dengan model bagaimana tergantung probabilitas masa depan
pada penggunaan terakhir [76].
5.4.4
Kepercayaan dan reputasi
Kualitas dan signifikansi berkaitan dengan resepsi halaman menerima
dari seorang pembaca, keyakinan pembaca tentang halaman secara inheren lebih
subjektif dari metrik yang diuraikan di atas. Ini subjektif keyakinan
cenderung berkumpul di bawah kepercayaan pos. Kami telah melihat
kecenderungan bagi otoritas dan hub untuk muncul sebagai fokus cyber-
masyarakat. situs tersebut dengan cara-cara penting terpercaya: kewenangan
dipercaya oleh penulis laman web lain untuk mengandung informasi yang dapat dipercaya, sedangkan
(Berhasil) hub dipercaya oleh pengguna untuk menunjuk ke tempat-tempat yang dapat diandalkan
informasi dapat diperoleh.
Kepercayaan adalah, tentu saja, merupakan faktor penting dalam pengembangan
Web, dengan berbagai bidang. Ilmiah atau makalah akademis yang terpercaya
untuk melaporkan hasil yang benar. Penulis halaman dipercaya untuk menjadi diri mereka
mengatakan mereka. Web services dipercaya untuk melakukan apa yang mereka katakan mereka akan
melakukan tanpa kerusakan kepada orang lain. E-commerce situs yang dipercaya untuk membuat
penggunaan yang tepat dari rincian kartu kredit, untuk mengirim barang yang dipesan, dan untuk menjaga
data yang aman. Arsitektur dari Web, yang secara eksplisit memfasilitasi
anonimitas dan menyalin akurat, membuat kepercayaan sangat penting
masalah.
Belajar online kepercayaan sangat sulit karena beberapa
konteks di mana terjadi interaksi secara online. Sebuah survei terbaru [116]
menemukan bahwa penelitian sering gagal untuk membedakan antara kepercayaan,
penyebab kepercayaan dan pendahulunya yang dapat dipercaya. Kepercayaan adalah berbagai
pasti, 'harapan percaya diri' sebagai 'kesediaan menjadi rentan', 'a
sikap positif umum '. Kepercayaan dalam sistem dan kepercayaan pada individu
adalah berasimilasi seolah-olah hal ini dipermasalahkan. Fokus studi empiris
sering ketat dan cukup benar mendefinisikan istilah mereka, tetapi definisi
jarang umum di studi, dan perbandingan sulit jika tidak
5.4. Web sosiologi
89
tidak mungkin, dan kadang-kadang didefinisikan ketat hampir tidak membangun
dikenali sebagai (folk-psikologis) kepercayaan [215]. Kepercayaan adalah juga bukan statis
Fenomena, itu adalah dinamis, sering ada periode waktu di mana
kepercayaan sebuah situs dibangun. Pengguna web pada berbagai tingkat pengalaman
juga memiliki tingkat kepercayaan yang khas yang berbeda [85].
Semua ini sangat berarti kepercayaan yang tidak dapat diproduksi oleh CRE-
Ating alat yang tepat dan teknologi - bahkan jika itu otomatis merupakan
hal yang baik untuk menghasilkan kepercayaan, yang tidak (tujuan utama adalah untuk insinyur-
Neer hubungan kausal antara kepercayaan dan kepercayaan). Trust tidak akan
ajaib muncul online. Sama seperti orang tidak akan otomatis mengikuti
kode etik, yang lain tidak akan secara otomatis mengasumsikan bahwa orang fol-
rendah kode etik. Dan karena kepercayaan adalah tidak hanya pribadi baik tapi
satu publik, orang akan selalu dapat 'tumpangan gratis' untuk di 'orang lain baik
perilaku [56].
Ada dua tingkat signifikansi sehubungan dengan diundangkan
kepercayaan di seluruh Web yang menuntut pendekatan yang berbeda. Pertama ada
adalah tingkat sistem secara keseluruhan, dimana seseorang mencoba untuk memverifikasi bahwa
peraturan yang mengatur gaya interaksi semua aktor untuk jujur. The
Strategi utama pada tingkat sistem adalah untuk menyediakan infrastruktur untuk
menjamin keamanan, misalnya dengan menggunakan skema sertifikasi [230]
atau teknologi privasi-meningkatkan [234], dan mengambil rute Hobbes
untuk menghalangi perilaku tidak bermoral - itu membuat terlalu mahal untuk melakukan, untuk
satu alasan atau yang lain. Untuk itu, mekanisme tersebut sangat
terkait dengan isu-isu yang harus dilakukan dengan Web Pemerintahan.
Kedua, ada tingkat individu, di mana satu harapan bahwa
mitra interaktif seseorang atau lawan jujur, reciprocative dan
aturan-berikut ini. Di sini cenderung mengandalkan pada umpan balik tentang perilaku, beberapa-
bagaimana keuntungan pengguna Web reputasi. reputasi adalah suatu elemen kunci untuk
percaya, karena menyajikan sketsa trustee diabstraksikan (mandiri)
dari sejarah [205]. Berdasarkan sejarah sebagai itu, reputasi tidak
dan tidak dapat mengikat perilaku masa depan, karena itu tidak menghapus risiko.
Berdasarkan berbagai pertimbangan, sebagian besar yang subjektif atau
memiliki unsur subyektif yang kuat, fungsi diagregasi dari perwakilan a-
utation dimaksudkan untuk kelancaran keluar pendapat jahat tertentu atau tunggal
acara.
90 Aspek Sosial
Beberapa baris penelitian adalah penting untuk memahami cara terbaik
untuk mengumpulkan dan memahami reputasi (cf. [239]). Metode apa yang akan
memungkinkan peringkat untuk dikumpulkan yang menentukan kepercayaan dari Web
pengguna? Bagaimana seharusnya peringkat tersebut digabungkan? Bagaimana seharusnya kita alasan
atas agregasi ini? Dan bagaimana mereka harus dipublikasikan? Dan sebagai
dengan banyak pertanyaan tentang Web, apa trade-off antara
hati-hati mengasah dan sistem akurat yang mungkin mahal untuk digunakan, dan
sistem kasar-dan-siap yang memiliki utilitas untuk 90% dari tujuan, yang
adalah sepele untuk menggunakan dan memiliki besar buy-in dari basis pengguna yang besar.
reputasi eBay dan mekanisme umpan balik [86], dimana peringkat yang
mentah +1 atau -1 nilai dijumlahkan bersama dengan penjelasan tekstual, adalah
tentu saja contoh terbaik dari mekanisme reputasi terkenal. Nya
keandalan terbuka untuk menantang: beberapa pembeli tidak kembali peringkat; bias
dapat terjadi (tergantung pada apakah pengalaman baik atau buruk lebih
mungkin dilaporkan); reputasi bootstrap, sebelum seseorang memiliki antar-
bertindak sama sekali, mungkin sulit, salah bisa membayangkan cara memanipulasi
proses (cf. [242]). Di sisi lain, keberhasilan komersial eBay
adalah jelas, dan jumlah aktual dari penipuan di eBay, meskipun beberapa
kasus dipublikasikan dengan baik, tampaknya tidak menjadi sangat besar. Seperti Google,
ini kasus di mana suatu sistem, sederhana scalable tampaknya melakukannya dengan sangat baik?
Isu yang terkait dan kompleks adalah menemukan metrik untuk mengukur
kepercayaan untuk peringkat individu dan algoritma untuk agregasi masuk akal.
Kebanyakan metrik melibatkan beberapa skor antara +1 dan -1, biasanya yang nyata
nomor. Dua masalah yang jelas muncul. Pertama, karena kepercayaan kita / ketidakpercayaan adalah
jarang sempurna, bagaimana seharusnya salah pilih nomor tertentu? Dan detik-
ondly, bagaimana harus membedakan antara dua interpretasi yang mungkin
0, yang bisa berarti 'saya tidak memiliki pengalaman dengan orang ini, sehingga memiliki
tidak ada pendapat ', atau' saya memiliki pengalaman, tapi saya netral tentang dia atau 'nya.
Selain itu, ada beberapa sumber informasi tentang kepercayaan yang
tampaknya menjadi penting dalam membuat penilaian: misalnya, sebelumnya
interaksi satu telah dengan wali amanat; laporan saksi-saksi; sertifikasi-
Cates, dan peran yang wali amanat adalah bermain [152]. Dan, tergantung
mengenai persyaratan, orang dapat memilih nilai kepercayaan dihitung atas dasar
dari beberapa perspektif obyektif atau Archimedean, atau di sisi lain
nilai yang dihitung dalam konteks sendiri, kepercayaan dan preferensi
kepentingan (dan karenanya nilai trustee's bisa bervariasi dari Enquirer ke
5.4. Web sosiologi
91
Enquirer). Evaluasi metrik kepercayaan adalah pasti sulit, meskipun tidak
mustahil jika konteksnya cukup dapat diberikan untuk membuat evaluasi
bermakna (cf. [114]).
Kepercayaan menjadi orde kedua yang baik, sulit untuk dihitung, dan tugas-relatif,
akan terlihat bahwa semua metrik harus perkiraan dan akan
tergantung pada apa yang akan bekerja terbaik; yang lain argumen untuk rel-
atively mentah pendekatan eBay. Karena itu, ada sistem, seperti
sebagai MENYESAL [246], yang memungkinkan pengguna untuk memberikan rating konten mereka lebih kaya
oleh annotating mereka; agregasi dilakukan oleh penalaran fuzzy.
Kadang-kadang metrik kuantitatif tidak pantas. Untuk
Misalnya, ketika menilai sumber informasi, itu mungkin bahwa pengguna
benar-benar perlu melihat penjelasan dan analisis oleh pengguna lain. tepuk The-
terns penggunaan informasi tentu sulit untuk dihitung, dan bulu-
thermore mungkin bertentangan atau tidak lengkap, dalam hal bahwa mungkin
jadi, dalam kompak, domain dipahami dengan baik paling tidak, semantik
markup dokumen mungkin cara paling membantu maju [111]. The
Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara terbaik untuk mengeksploitasi expressivity tambahan sehingga
diperoleh: apakah investasi berharga dalam bahasa formal, atau gabungan
formal / semi formal / informal pendekatan? Namun demikian, kisah nyata oleh
pengguna yang sebenarnya, meskipun mereka membutuhkan bandwidth yang tinggi, seringkali sangat
informatif.
Kesaksian orang lain, bagaimanapun berkumpul, mewakili atau efisiensi secara agregat dalam
gated, jelas yang penting bagi pengembangan dan pendukungan
kepercayaan dapat diandalkan. Struktur Web telah terbukti sugestif dalam hal ini
lapangan, dalam struktur yang sangat Web-seperti yang membuat Anda ke sewenang-wenang
halaman web di World Wide Web juga bisa membuat Anda cepat ke Testi-
Mony seseorang yang Anda tidak tahu di Web Trust. Sebagai orang selama
menyimpan pengalaman mereka dengan cara yang dapat diandalkan, maka mereka dapat memanfaatkan
oleh pengguna lain dengan menggunakan algoritma agregasi [misalnya 243].
Persyaratan untuk sistem tersebut adalah bahwa ada beberapa informasi
tion suatu tempat di mana orang telah menggambarkan keyakinan mereka tentang lain-
ers, dan telah dikaitkan bahwa informasi ke dalam Web Trust beberapa-
bagaimana. Setelah informasi tersebut tersedia, dapat digunakan untuk membantu mencegah-
tambang reputasi. Aplikasi ini mulai muncul, salah
yang paling menonjol adalah FOAF [45] - http://www.foaf-project.org/),
sebuah RDF / OWL berbasis ontologi yang telah diperpanjang dengan
92 Aspek Sosial
kosakata untuk menggambarkan hubungan seseorang dengan dan pendapat
teman [115].
Trust, seperti yang sering ditunjukkan, tidak transitif (yaitu, jika
A B percaya dan B trust C, itu tidak berarti bahwa A trust C). Itu
tampaknya akan melemahkan Web pendekatan Trust. Namun, jika A trust
B, B percaya C dan B merekomendasikan C ke A, maka itu merupakan alasan untuk A
percaya C. rantai akan memecah akhirnya, tetapi belum tentu
segera, dan mungkin menurunkan anggun. Jadi selama pengertian tentang
degradasi dibangun ke generasi ukuran kepercayaan berdasarkan
Web pendekatan Trust, maka masih mungkin untuk model atau
menghasilkan kepercayaan berdasarkan laporan saksi mata atau pendapat disimpan [115]. Ini
telah berpendapat bahwa expressivity dari Web Semantic diperlukan
untuk memastikan bahwa agregasi informasi kepercayaan adalah bukan hanya heuris-
tic di alam; itu adalah isi dari atribusi dari kepercayaan atau
dinyatakan yang diperhitungkan. Setelah seseorang menerbitkan sebuah file yang mengatakan yang
mereka tahu dan berapa banyak mereka percaya mereka, bahwa informasi sosial dapat
diproses tanpa perantara [115, 243].
Masa Depan bekerja dalam memahami bagaimana informasi dapat kepercayaan
yang diambil dari struktur web-seperti adalah topik sentral dalam eksplorasi
jaringan sosial dan representasi mereka Web-seperti. Richardson et al
telah menunjukkan bahwa path aljabar dan interpretasi probabilistik dari
eksplorasi grafik Web dari Trust hampir identik [243];
hasil ini dapat digunakan sebagai metode halaman peringkat dalam pencarian Web?
Dan semua metode yang mengeksploitasi Web dari Trust menyederhanakan atribusi
kepercayaan; dapat metode diperluas untuk mencakup keyakinan multi-dihargai dan
data lainnya (seperti metadata tentang asal)? Mengingat pentingnya
dari konten ke pemetaan Webs kepercayaan, maka bisa jadi bahwa
kepercayaan-menghasilkan teknik dapat memainkan peran yang serupa dengan Semantic
Web sebagai algoritma seperti PageRank, yang mengekstrak informasi dari
link uninterpreted struktur, bermain di WWW.
5.4.5
Trust (II): bukti Mechanising
Ada, akhirnya, sebuah coda sosiologis berkaitan dengan kepercayaan: kita mempercayai
mesin dan proses otomatis yang diletakkan di bawah cara ketika kita
bekerja atau bermain di Web? Telah dikatakan bahwa budaya kita sekarang
5.4. Web sosiologi
93
berurusan dengan dua pengertian tentang bukti. Dalam satu tampilan, seperti Wittgenstein berpendapat, sebuah
bukti adalah gambar yang berdiri di membutuhkan ratifikasi, yang akan saat
kita bekerja melalui itu [292]; itu meyakinkan kita. Ini menjelaskan dan menunjukkan
kebenaran proposisi terbukti secara bersamaan.
Jenis lain bukti mekanis dan algoritmik, ini mungkin
lebih dapat diandalkan daripada bukti-gambar sebagai-, tetapi untuk dapat diterima memerlukan itu
diambil pada kepercayaan bahwa langkah-langkah dalam bukti harus dilakukan dengan benar. Kepercayaan
diperlukan (a) karena bukti mungkin unsurveyable, dan (b) bahkan
jika tidak tidak efisien atau biaya-efektif untuk memeriksa setiap bukti mekanis
dengan tangan. Wittgenstein tidak hidup untuk melihat bukti mekanik kompleks
menjadi biasa, tapi ia mencurahkan waktu untuk berpikir tentang
implikasi, dalam (pada saat itu tidak biasa) pandangannya matematika sebagai
kegiatan, dan berhati-hati untuk membedakan antara bukti-gambar sebagai-dan
mekanik bukti. Dia menyimpulkan bahwa keputusan kita untuk percaya mekanik-
bukti kal secara sukarela dan bahwa hasil mereka tidak dipaksa
kami [292].
Ketika bukti mekanik yang luas dan kompleks muncul di
adegan, dilema yang Wittgenstein diperkirakan diikuti. Untuk ujian-
Misalnya kemungkinan bukti formal dari kebenaran program adalah
diperdebatkan di beberapa artikel terkenal dan kontroversial. DeMillo
et al menyatakan bahwa bukti-as-gambar yang diperlukan untuk sistem yang akan
(Sosial) yang dapat digunakan, tetapi mesin tidak bisa memberikan mereka [73]. FET-
Zer berpendapat bahwa ada kebingungan terus-menerus antara dua jenis
bukti mekanik, yang satu urutan logis formula mana
setiap rumus dapat berupa aksioma berasal dari formula di atas dengan
kebenaran-melestarikan aturan, dan yang lainnya yang dibuat oleh sebuah mesin [100].
Either way, artikel, dan respon sengit kepada mereka, menunjukkan bahwa
gagasan bukti otomatis adalah kontroversial.
Saat ini, lebih banyak aspek kehidupan sehari-hari (keuangan, kesehatan dan
keamanan, fungsi utilitas) berada di bawah naungan sistem otomatis
sistem pendokumentasian. Dan ketika Web mengambil lebih banyak informasi rutin pengguna-
mation pengolahan tugas (seperti dengan SW), kebutuhan akan kepercayaan manusia
dalam sistem mekanik adalah jauh lebih besar. Banyak kepercayaan yang merupakan
fungsi tak terduga dari pengalaman [85], dan kita tidak dapat meniadakan
kebutuhan untuk kepercayaan dalam penilaian manusia kolektif serta mesin
sendiri [192]. Hubungan antara kepercayaan dalam diri kita bersama
94 Aspek Sosial
dan kepercayaan di hardware dan software adalah satu sulit untuk menguraikan,
namun pengembangan Web akan tergantung krusial di atasnya.
5.4.6
Web moralitas dan aspek konvensional menggunakan Web
Moral dan pertanyaan etika adalah bagian penting dari Web Science
agenda. Mereka diperlukan untuk pemahaman kita tentang bagaimana Web
bekerja, dan, tidak kalah pentingnya, bagaimana Web dapat tumbuh.
Kesederhanaan hubungan antara URI dan khusus Web
sumber daya merupakan kunci untuk meningkatkan ruang informasi. Upaya untuk sub-
vert hubungan ini bisa sangat merusak Web dan Seman-
tic Web. Ancaman terhadap struktur yang akan merusak hubungan antara
URI dan apa yang ditampilkan pada layar, dan semakin com-
kompleks rekayasa mendapatkan, semakin sulit akan untuk mendeteksi seperti
subversi.
Web adalah struktur sengaja desentralisasi. Sisi lain dari
yaitu bahwa tidak ada otoritas untuk menegakkan perilaku yang baik. Meskipun
tentu kasus yang banyak jenis perilaku penting untuk Web
untuk bekerja (artinya, konvensi, komitmen) dapat dipahami dari
sudut pandang rasional kepentingan diri [261], jika kita asumsikan ada
hadiah untuk perilaku buruk, baik dari komisi (peluang untuk memperoleh oleh
kecurangan) atau kelalaian (kegagalan untuk memelihara sebuah website memuaskan), maka
rasionalitas kepentingan sendiri tidak bisa sepenuhnya menjelaskan bagaimana seperti koperasi
perilaku mendapat dari tanah [144]. analisis Namun jauh seperti pergi, ada
merupakan unsur non-rasional yang mendalam untuk perilaku seperti [254]; orang harus
berperilaku baik.
Ada banyak teks tentang perilaku yang baik, tentu saja. The
Tujuan teks ini bukan untuk saham klaim ke salah satu dari wilayah itu. Apa
penting dalam Web Ilmu adalah cara bahwa rekayasa, sambungan
antara URI dan apa yang ditampilkan pada layar, tergantung pada par-
konvensi khusus mereka perilaku yang pada suatu tingkat altruistik. Ada
mungkin hal-hal untuk mengatakan tentang sanksi untuk menegakkan perilaku yang baik seperti
(Lihat Bagian 6), tetapi bukan tempat suatu ilmu dari Web untuk bekerja
tahu cara memberikan kepemimpinan moral, atau berolahraga beberapa-
kali konflik sulit yang keinginan untuk bertindak secara moral sering muntah.
Namun ada peran untuk Web Ilmu untuk menentukan apa rekayasa
5.4. Web sosiologi
95
praktek yang penting, dan bagaimana mereka berhubungan dengan kesediaan orang
untuk berperilaku dengan cara yang kooperatif. Analisis semacam itu dapat menyebabkan kode
perilaku yang mungkin tidak berlaku tetapi dalam arti menentukan
moral perilaku dalam konteks Web. Moralitas dan putar rekayasa
keluar yang akan dihubungkan.
Mari kita ikuti contoh hubungan antara URI dan apa
menunjuk pada detail. Sayangnya, sebagai orang yang telah mempertahankan
Website akan tahu, lebih dari tekanan waktu merusak sambungan
terbentuk. Beberapa tekanan disebabkan oleh kesulitan rekayasa asli,
tekanan beberapa hanya godaan atau kemalasan. Tapi Web akan berfungsi
URI lebih baik jika tidak berubah, jika mereka selalu menunjuk ke dokumen yang sama
(Yang tentu saja dapat diperbarui secara berkala).
Jumlah kerja link sebenarnya menurun cukup pesat. Sebuah
eksperimen yang disebutkan sebelumnya merangkak 150m laman web selama 11 minggu, dan
pada minggu ke-9 para peneliti telah kehilangan akses ke lebih dari 10% dari mereka
halaman (sekitar 4% telah hilang dalam minggu pertama). Sekitar 3%
kembali 4XX kesalahan, kebanyakan dari mereka 404 kesalahan (tidak ditemukan), dan sebagian besar
yang 403s sisanya (dilarang). Sekitar 3% dari halaman diblokir oleh Web
server 'robots.txt file yang terdeteksi dan ditolak crawler Web. 2 -
3% dari kegagalan adalah jaringan terkait, seperti DNS lookup kegagalan,
koneksi ditolak atau timeout TCP, sementara sekitar 2% adalah 3xx kesalahan,
menunjukkan halaman telah pindah. Yang bersih dan.. Domain com adalah Appar-
ently pelanggar terburuk [99].
Menghindari URI perubahan ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Misalnya, ketika
website adalah reorganisasi, godaan adalah untuk menyediakan rapi baru rasio-
nal (tidak sah) set URI mengekspresikan filosofi organisasi baru. Ini
yang menggoda, tetapi akhirnya tidak bijaksana. link menggantung membuat frustasi, dan
benar-benar melakukan banyak untuk melemahkan kepercayaan dalam website dan perusahaan (a
berfungsi, baik disajikan dan website yang tampak profesional menjadi seorang
penting penguat kepercayaan online - cf. [116]). Namun, mengingat bahwa ref semua
erences untuk URI oleh pihak yang berkepentingan adalah 'ketinggalan zaman', dalam bahwa mereka
catatan, disimpan dalam daftar orang-orang favorit, menulis di atas kertas atau eksplisit
link dari situs lain, penemuan yang dibuat di masa lalu, mereka tidak dapat
mudah diperbarui [27].
Hal ini sebagian pertanyaan gaya. [27] mencakup seperangkat saran
tentang apa yang tidak termasuk dalam penamaan direktori dan file: penulis
96 Aspek Sosial
nama, subyek, status, hak akses, dll Semua yang kedua bisa tampak
cukup masuk akal sebagai nama file, tapi selama skala waktu dari Web ini
dapat mengubah, yang bisa menciptakan tekanan untuk mengubah atau membuat URI
nama file menyesatkan (yaitu lebih buruk dari artinya). Ini berarti bahwa
URI memproduksi kebutuhan berpikir agak lebih dari satu akan sebaliknya
bayangkan, dalam bahwa webmaster perlu memikirkan bagaimana untuk menyajikan
suite informasi, dan mengatur itu, sedemikian rupa sehingga masuk akal dalam
masa depan - setidaknya dalam jangka menengah. Ini adalah biaya yang nyata, tetapi jika
Web berfungsi dengan baik, kebanyakan jika tidak semua webmaster harus mengikuti seperti
konvensi.
Ini adalah contoh dari cara moralitas hits rekayasa di Web.
Berbeda dengan pembangunan suatu artefak kompleks seperti mesin pesawat terbang atau
kapal, 'pekerja' individu di Web belum dicabut keputusan
hak melalui kontrak. Di Web, semua orang sukarelawan. Tapi ada
adalah kewajiban, tugas yang satu incurs dengan menjadi online karena
sifat koperasi dari Web, dan pertemuan kewajiban-kewajiban ini adalah bagian
dari tugas menciptakan invariants penting dalam pengalaman Web.
Contoh lain, pada tingkat pribadi, adalah menjaga konten up to date
dan akurat.
Sosial, penting untuk mengidentifikasi dan mencoba, mana mungkin, insinyur-
Neer keluar perilaku berbahaya (yang berbahaya baik untuk individu dan ke
Web secara keseluruhan) seperti phishing, atau hoaxing PageRank dan lainnya
algoritma mesin pencari. Tidak akan ada solusi rekayasa yang benar-benar
terhadap perilaku tersebut; itu terjadi dalam konteks Web diberikan, dan mereka
yang memanjakan diri di dalamnya akan selalu tergoda untuk bekerja di sekitar skr pun-
sewa blok. Tapi kode etik dan jenis lain diskusi tentang
Web dapat membuat konsensus tentang apa yang merupakan tugas online dan
apa yang merupakan perilaku buruk (konteks adalah penting: mengapa spam
suatu zat iritasi yang serius, dan surat sampah relatif kecil?) dan, akibatnya,
tentang perilaku apa yang harus disahkan, apa yang diamanatkan, dan
apa fungsi terkait arsitektur mungkin diharapkan untuk menyediakan.
Online hubungan erat antara teknik dan moralitas tidak biasa jika
tidak unik. Keluar fleshing kewajiban ini adalah aspek luar biasa
pemahaman kita tentang Web, dan di bagian akhir substantif kami
kita melihat beberapa masalah yang menimbulkan lebih terinci

0 komentar:

Posting Komentar