Pages

Subscribe:

Wisbux-PTC

 

menu

Kamis, 28 Maret 2013

Mengenal Komputasi Modern dan Mobile Computing

Di sini saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang Komputasi Modern. komputasi moderen terdiri dari dua kata yaitu komputasi dan modern. 
Menurut Wikipedia kata-kata komputasi dan modern adalah:

Komputasisebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Modern = Modern biasanya merujuk pada sesuatu yang "terkini", "baru", "canggih"

Jadi saya menyimpulkan KOMPUTASI MODERN adalah sebuah salah satu saca menemukan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma yang menggunakan komputer terkini/canggih dimana algoritma tersebut tersimpan didalamnya untuk menyelesaikan sebuah masalah secara efektif dan efesien.

Komputasi modern memiliki 3 kaakteristik diantaranya :
  1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
  2. Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
  3. Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Komputasi modern memiliki 3 macam yaitu:
  1. Mobile computing
  2. Grid Computing
  3. Cloud Computing
Mobile Computing adalah sebuah teknologi yang bisa menggunakan komputer yang dapat di bawa kemana-mana tanpa kabel dan dapet terkoneksi jaringan dimanapun anda berada. contoh dari mobile computing adalah GPS, Smartphone. untuk lebih jelasnya anda bisa lihat persentasi dari youtube dibawah ini.


Grid Computing adalah memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan. Pekerjaan itu sendiri dikontrol oleh satu komputer utama, dan dipecah menjadi beberapa tugas yang dapat dilaksanakan secara bersamaan pada komputer yang berbeda. Tugas-tugas ini tidak perlu saling eksklusif, meskipun itu adalah skenario yang ideal. Sebagai tugas lengkap pada berbagai unit komputasi, hasil dikirim kembali ke unit pengendali, yang kemudian collates itu membentuk keluaran kohesif.

Untuk Cloud Computing akan di bahas di tulisan selanjutnya. tetap simak yah blog ini. terimakasih

Reff:
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Modern
http://www.youtube.com/watch?v=kCK2Y6WDhqY
http://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_computing
http://wenythepooh.wordpress.com/2011/02/27/mengenal-komputasi-modern/

0 komentar:

Posting Komentar