Pages

Subscribe:

Wisbux-PTC

 

menu

Rabu, 09 November 2011

Manfaat Desain pemodelan grafik untuk bidang budaya

Tak di pungkiri keterkaitan desain dengan budaya sangatlah erat terketaitannya, nah kita ambil contoh budaya yang berada di Indonesia saja, tidak usah jauh-jauh. Karena adanya budaya dan desain kita bisa mengetahui sejarah masa lalu Indonesia ini atau sejarah nenek moyang kita terdahulu. Contohnya adalah di Indonesia bayak terdapat relief-relief.
Relief adalah seni pahat dan ukiran 3-dimensi yang biasanya dibuat di atas batu. Bentuk ukiran ini biasanya dijumpai pada bangunan candi, kuil, monumen dan tempat bersejarah kuno. Di Indonesia, relief pada dinding candi Borobudur merupakan salah satu contoh yang dipakai untuk menggambarkan kehidupan sang Buddha dan ajaran-ajarannya. Di Eropa, ukiran pada kuil kuno Parthenon juga masih bisa dilihat sampai sekarang sebagai peninggalan sejarah Yunani. Relief ini bisa merupakan ukiran yang berdiri sendiri, maupun sebagai bagian dari panel relief yang lain, membentuk suatu seri cerita atau ajaran. Pada Candi Borobudur sendiri misalkan ada lebih dari 1400 panel relief ini yang dipakai untuk menceritakan semua ajaran sang Buddha Gautama.
Nah karena adanya relief ini kita bisa mengetahui sejarah nenek moyang kita, karena di relief ini tidak hanya menggambarkan asal-asalan melainkan mengandung sebuah arti, atau mengandung sebuah nilai estetika yang berada pada masa itu. Jadi manfaat desian pemodalan grafik pada bidang budaya adalah kita bisa mengetahui sejarah pada masa lalu yang mereka gambarkan dengan menggunakan relief. Atau sebuah flashback yang terjadi masa lalu yang notabenya kita belum lahir. Nah manfaat desain untuk bidang budaya sangat penting yah untuk kita ketahui.

0 komentar:

Posting Komentar